Kisah Pedagang Muslim Yang Terkena Musibah

Kisah Pedagang Bakso Yang Shalih

Terkadang seseorang tertimpa takdir yang menyakitkan yang tidak disukai oleh dirinya, kemudian dia tidak bersabar, merasa sedih. Akan tetapi, sering kali kita melihat dibalik keterputus-asaannya ternyata Allah memberikan kebaikan kepadanya dari arah yang tidak pernah ia sangka-sangka.

Kisah ini terjadi di Indonesia tentang penjual bakso muslim dan dia tinggal di tengah pesawahan.

Setiap hari dia mengangkat dan menjual baksonya keluar melewati sawah-sawah, sampai melewati jalan raya, kemudian dia menunggu sebuah angkutan umum untuk menuju desa lain, yang kemungkinan hanya satu angkutan umum tersebut lewat sekali dua kali dalam sehari melewati jalan tersebut. Kemudian dia naik lalu berhenti di sebuah desa dan menjual dari kampung ke kampung lalu pulang pada sore hari. Dan setiap hari dia selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan rezekinya dan diberkahi, dan Alhamdulillah allah selalu mengabulkan doanya.

Suatu hari si penjual bakso tersebut keluar pagi dan akan menjual baksonya,  dilewatilah sawah-sawah yang selalui dilalui menuju jalan raya, ketika sampai di jalan raya  hendak naik angkutan umum tetapi dia terjatuh, semua baksonya pun tumpah jatuh dan kotor, mobil yang lewat pun tidak bisa menunggu lama tukang bakso tersebut lalu pergilah angkutan tersebut.

Kemudian si penjual bakso tersebut menggerutu “kenapa ya Allah, hari ini saya mau beri makan apa keluarga saya ”.  Mungkin bisa kita bayangkan dalam posisi orang ini sudah siap berdagang dengan rapih tinggal berdagang, kemudian terjatuh dan tumpah dengan hikmah. Mungkin akan sama menggerutu seperti si penjual tersebut, tapi Allah selalu memberi hikmah di setiap kejadian.

 Karena Allah Ta’ala pun telah berfirman,

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)

Kemudian dia pulang ke rumahnya sempat menggerutu  lalu menceritakan kepada istrinya, Kemudian istrinya berkata “tidak apa, bersabarlah wahai suami ku”.

Ternyata 2 jam setelah itu tetangganya datang dan menanyakan “hai fulan kenapa kau tak jadi pergi naik mobil ?” , kemudian si penjual bakso menceritakan apa yang di alaminya pada pagi hari yang hendak berdagang. Kemudian tetangganya berkata “Seharunya kau bersyukur pada Allah karena mobil yang akan kau naikin itu, baru saja saya dapat berita mobil tersebut terjatuh ke jurang dan semua penumpang termasuk sopirnya pun meninggal”.  Subahallah, inilah kasih sayang Allah terhadap tukang bakso tersebut dengan hikmahnya yang tak kita ketahui.

Kemudian dia bertobat dan berkata “yai  Allah ampunilah saya, karena saya tidak tahu hikmah apa yang tersembunyi”. Kemudian dia serahkan semua pada Allah.

Dan sekarang tinggal sisa-sisa baksonya yang rusak dan kotor yang tidak bisa di jual untuk berdagang. Tidak lama berselang kemudian ada peternak bebek yang datang, dan dia mendengar katanya ada penjual bakso di desa ini dan kebetulan dia membutuh kan bakso untuk pakan bebeknya, dan yang dia butuhkan bakso yang sudah rusak dan kotor. Lalu di belinya semua bakso yang rusak itu.

Subhanallah inilah hikmah Allah yang tak selalu kita sangka-sangka, dibalik sebuah ujian selalu ada hikmah yang terbaik dari suatu kejadian itu.

ust. Khalid Basalamah.

Share Social Media
Join Fanspage Facebook
Hubungi Kami

📞 Kontak Kami :

Telp / W.A : +6282274177444
Pin BBM : D493BE25
Email : arjunatravelbandung@gmail.com